Seluma

Bunga Rafflesia Kembali Mekar di Seluma

Pemuda Padang Capo Ilir Kecamatan Lubuk Sandi kembali menemukan Bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar.

CamkohaNews – Puluhan knop bakal bunga Rafflesia Arnoldi di Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma mulai menjamur, setelah 1 knop bunga Rafflesia Arnoldi saat ini diketahui baru mekar sejak beberapa hari terakhir.

Salah seorang pemuda Desa Padang Capo Ilir Kecamatan Lubuk Sandi Dian Putra (23) mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir, 1 bunga Rafflesia Arnoldi yang berada dalam 1 lokasi diketahui sudah dalam kondisi layu, sedangkan 1 bunga Rafflesia Arnoldi lainnya sedang mekar dengan diameter berkisar 80 cm.

“kurang lebih diameter bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar sedang mekar ini sekitar 80 cm”, ucap Dian Putra.

Dan diperkirakan dalam beberapa hari kedepan, puluhan knop bakal bunga Rafflesia Arnoldi lainnya yang berada pada 1 tempat kawasan hutan produksi terbatas yang dikelola oleh warga akan menyusul mekar.

Puluhan knop bakal bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan dalam satu kawasan HPT yang dikelola warga setempat.

Untuk melestarikan keberadaan bunga Rafflesia Arnoldi ini, petugas BKSDA Seksi wilayah II Seluma melibatkan masyarakat sekitar untuk turut serta menjaganya.

“kita berdayakan masyarakat setempat, untuk bersama-sama menjaga hutan dan melestarikan flora langka yang sudah menjadi ikon Provinsi Bengkulu ini”, terang Darwis Saragih Kepala BKSDA Seksi wilayah II Seluma.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top