Berita Utama

Bunga Ini Buat Heboh Warga Talang Kabu!

CamkohaNews – Warga Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo dibuat heboh dengan penemuan bunga bangkai yang dikira Rafflesia Arnoldi. Namun saat dicermati, ternyata sejenis bunga Bangkai yang sering disebut Bunga Kibut.

Bunga Kibut setinggi 2 meter ini, awalnya tidak sengaja ditemukan Tasim (53), salah seorang pekerja yang sedang membangun Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo di lereng Bukit Tunjuk.

“Awalnyo kami ni ndak cari intek tempat penampungan air Pamsimas, pas tepat di sumber mata air yang berada di bawah tebing, tekinak bunga ini sangko kami bungo Rafflesia…eh nyatonyo bukan, tapi kareno penasaran mangkonyo kini tambah ramai jemo nginaknyo,” terang Tasim.

Oleh masyarakat sekitar yang sudah terlatih sadar wisata, akhirnya di sekitar bunga kibut dipagari dengan tali, agar tetap terjaga hingga Bunga Kibut ini mekar.

Untuk melihat Bunga Kibut ini, sedikit butuh perjuangan ekstra, lantaran jalan setapak yang dilalui sejauh 500 meter dari pemukiman warga Desa Talang Kabu, dan letaknya yang terlalu curam karena bunga ini berada ditebing Bukit Tunjuk yang dikeramatkan masyarakat sekitar.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top