Seluma

BKSDA dan Warga Tanjung Kuaw Pasang Perangkap

Petugas BKSDA SKW II Seluma dibantu warga Desa Tanjung Kuaw saat memasang perangkap.

CamkohaNews – Sebanyak 10 personel petugas BKSDA Seksi wilayah II Seluma, Kamis (1/2) siang akhirnya memasang perangkap beruang madu yang selama ini meneror para petani disaat beraktifitas di areal perkebunan karet warga Dusun Pematang Panjang Desa Tanjung Kuaw Kecamatan Lubuk Sandi, atau sekitar 700 meter dari pemukiman warga.

Dengan dibantu Kades dan warga setempat, perangkap yang terbuat dari besi berukuran 1 x 2,5 meter digotong beramai-ramai untuk dipasang didekat sarang beruang.

Kanit Polhut BKSDA Seksi Wilayah II Seluma Zainal Asikin menghimbau kepada Kades Tanjung Kuaw Heri Yulianto dan warga setempat, untuk turut memantau keberadaan perangkap yang sudah terpasang.

“Kades dan masyarakat bisa turut memantau perangkap ini, seandainya target sudah masuk ke dalam perangkap ini” terang Zainal Asikin.

Pertimbangan dipasangnya perangkap ini, lantaran sudah terjadi 3 kali konflik, antara manusia dengan satwa langka yang dilindungi negara ini, untuk kemudian dapat direlokasi ke tempat aman dari pemukiman penduduk.

“Petugas KSDA responnya baik, disaat warga kami sangat resah akan keberadaan beruang. Mudah-mudahan beruangnya dapat diamankan” terang Kades Tanjung Kuaw.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top