Berita Utama

Bertamu ke Kantor Gubernur, Wajib Tinggalkan E-KTP

Peralatan elektronik yang kini disiapkan di penjagaan masuk ke Kantor Gubernur Bengkulu. Setiap tamu yang berkunjung, wajib meninggalkan E-KTP untuk selanjutnya diberikan ID Card sebagai tamu.

CamkohaNews – Pemprov Bengkulu menerapkan sistem baru penerimaan tamu, yakni wajib membawa KTP elektronik yang akan discan pada alat di meja penerima tamu.

Setelah itu tamu yang berkunjung akan mendapat ID Card khusus sebagai tamu. Sementara E-KTP yang ditinggalkan di meja petugas, akan dikembalikan saat yang bersangkutan berpamitan.

Meski diwajibkan dengan KTP elektronik, namun penerima tamu juga menyiapkan aplikasi manual. Dalam database yang ada, akan terlihat siapa yang berkunjung dan berapa lama waktu kunjungannya.

Sistem ini memang baru diterapkan di Kantor Gubernur Bengkulu. Diharapkan di tahun 2018 mendatang, hal ini sudah diterapkan di seluruh OPD yang ada.

Alat yang diperlukan yakni scan sistem, monitor komputer dan card reader E-KTP. Semua peralatan ini perpaketnya diperkirakan memakan biaya sekitar Rp 20 juta.

(Muhammad Helmi)

Berita Terkini

To Top