Informasi Haji

Banyak Jemaah Kloter 7 Terserang Batuk

CamkohaNews – Usai pemulangan jemaah haji kloter 6 pada Senin (3/9), kali ini giliran 389 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 7 PDG tiba di Bengkulu Selasa (4/9) subuh.

385 jemaah ini berasal dari Kabupaten Seluma 170 orang, Kepahiang 106 orang, Kaur 102 orang, petugas kloter 5 orang, dan TPHD 2 orang.

Kloter 7 PDG ini tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Selasa (4/9) pukul 01.05 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA 3407.

Dari BIM Padang menuju Bandara Fatmawati Bengkulu menggunakan pesawat Lion Air dengan dua kali penerbangan. Flight Pertama pukul 03.45 WIB dan kedua pukul 04.15 WIB. Seluruh jemaah tiba di Bengkulu Pukul 05.15 WIB.

Kepulangan jemaah disambut Sekda Provinsi Nopian Andusti dan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H. Bustasar di Aula Asrama Haji Bengkulu.

Dibantu petugas, satu persatu jemaah haji turun dari bus yang kemudian langsung diberikan kartu kewaspadaan kesehatan jemaah haji oleh petugas medis.

Sepulang dari tanah suci jemaah diimbau untuk memeriksakan kesehatan, mengingat 73 persen jemaah diantaranya mengidap penyakit risiko tinggi dan banyak yang terserang batuk.

Sebelum memasuki Aula, seluruh barang bawaan jemaah juga diperiksa melalui pemeriksaan X-ray dan  melewati pintu metal detektor.

Kakanwil Kemenag yang juga ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Bengkulu berharap, agar seluruh jemaah haji memperoleh Haji mabrur wal mabrurah dan sehat wal afiat agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

“Kepada seluruh jemaah haji, kami imbau untuk tetap merawat kemabruran haji dengan penuh semangat dan keikhlasan serta menjadi tauladan ditengah masyarakat”, ujar Kakanwil Kemenag Provinsi H. Bustasar.

Selain menyampaikan selamat datang kepada seluruh jemaah, Sekda Provinsi Nopian Andusti mewakili PLT Gubernur mengungkapkan rasa gembiranya atas kepulangan jemaah dari Mekkah Al Mukaromah ke Tanah Air.

“Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah, selamat sampai ke kampung halaman. Selain itu kami juga menyampaikan belasungkawa terhadap meninggalnya lima orang jemaah haji Bengkulu”, jelas Sekda Provinsi Nopian Andusti.

Septi Fitriani

Most Popular

To Top