Seluma

Banjir ROB Rendam Pemukiman Warga Pesisir Maras!

CamkohaNews – Puluhan rumah warga di Desa Padang Bakung dan Desa Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras pada Jumat (9/11) malam sekitar pukul 18.30 wib kembali terendam banjir rob, akibat pasang air laut.

Banjir rob tak hanya merendam pemukiman warga namun juga merendam badan jalan lintas barat sumatera.

“air laut mulai naik tiba-tiba selepas magrib, dan sampai saat ini air masih merendam rumah-rumah warga”, terang Hasan.

Beton penahanan gelombang yang dipasang dipesisir pantai ancol, masih tak mampu menahan terjangan ombak setinggi 3 meter hingga merendam pemukiman warga sekitarnya, karena panjangnya beton tak sampai hingga 10 km.

Sementara itu, tak hanya merendam puluhan rumah, namun banjir rob yang terjadi ini juga menyebabkan krisis air bersih, lantaran sumur warga setempat menjadi tak layak untuk dikonsumsi, lantaran sudah berasa asin bercampur dengan air laut.

Meski Pemkab Seluma sejak lama menganjurkan untuk direlokasi ke Desa Rimbo Besar yang terletak sekitar 2 km, namun masyarakat setempat memilih untuk tetap bertahan, dengan dalih jauh dari lokasi mata pencaharian mereka sebagai nelayan.

“warga kami mayoritas berprofesi sebagai nelayan, jadi mereka lebih memilih bertahan karena dekat dengan laut” terang Marsan Kades Padang Bakung.

Plt Kepala BPBD Seluma Drs. Muhfian mengatakan usulan pembangunan beton penahan gelombang, sebelumnya telah diajukan kembali ke Pemerintah Pusat di tahun 2018 ini, agar proyek pembangunan tanggul dipesisir Pantai Ancol dapat segera dilanjutkan kembali.

“sudah kita usulkan ke pusat, agar tanggul beton dapat kembali dilanjutkan proyeknya, kita tunggu saja realisasinya”, ujar Muhfian.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top