Seluma

ASN Wajib Pakai, Produksi Tenun Bumpak Dikebut!

CamkohaNews – Pengrajin kain tenun bumpak di Kabupaten Seluma, terus menunjukan eksistensinya dalam mengembangkan potensi karya kearifan lokal masyarakat Desa Kampai dan Kelurahan Masmambang.

Salah satunya upaya untuk mengejar target dan mendongkrak penghasilan para pengrajin kain tenun bumpak, Pemkab Seluma mendatangkan alat tenun dari Jepara, yang diklaim mampu memproduksi kain tenun bumpak sebanyak 8 lembar dalam tempo seminggu.

Kabag Ekonomi dan SDA Setkab Seluma Zuraini, SP. M.SI mengatakan, untuk membantu proses produksi massal ini, Pemkab Seluma mendatangkan alat tenun langsung dari Kota Jepara Provinsi Jawa Tengah sebanyak 3 unit, yang diserahkan kepada para kelompok pengrajin tenun bumpak yang ada di Desa Kampai Kecamatan Talo.

“Sementara ini kita baru membeli 3 unit alat yang kita datangkan langsung dari Jepara lewat ekspedisi”, ujar Zuraini.

Lanjutnya, dengan adanya alat ini setidaknya target untuk memproduksi 4.000 helai kain bumpak dapat terpenuhi pada 2019 mendatang, karena seluruh ASN dilingkungan Pemkab Seluma bakal diwajibkan menggunakan seragam tenun bumpak ini yang dipakai setiap hari Kamis.

“mudah-mudahan tahun 2019 mendatang, target 4.000 helai kain bumpak dapat terwujud untuk digunakan sebagai seragam resmi ASN Seluma”, ucap Zuraini.

Selain itu, untuk membantu proses produksi menggunakan alat baru ini, juga didatangkan pelatih langsung dari Kota Jepara yang memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu pengrajin Tenun Bumpak selama 2 hari kedepan.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top