Berantas Korupsi

Andi Roslinsyah Divonis 5 Tahun

Mantan Kadis PU Provinsi Bengkulu, Andy Roslinsyah saat berjalan menuju ruang sidang PN Tipikor Bengkulu.

CamkohaNews – Bertempat di Pengadilan Tipikor Bengkulu Senin sore (29/1) , Mantan Kadis PU Andi Roslinsyah divonis Majelis Hakim dengan hukuman penjara selama 5 tahun dan denda 200 juta Subsidaer 3 bulan kurungan penjara.

Selain itu, Andi pun diminta membayar uang pengganti sebesar 1 Milyar. Jika tidak mampu membayar, maka akan diganti dengan hukuman penjara selama 2 tahun.

Ketua majelis hakim Jonner Manik menyatakan Andi terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sesuai dengan pasal 2 junto pasal 18 UU Tipikor.

Sehingga negara mengalami kerugian 3,5 M dalam proyek peningkatan infrastruktur pemukiman kumuh tahun 2015 lalu.

Andi meminta stafnya di Dinas PU Marial Hendri untuk mengerjakan proyek pemukiman kumuh dengan cara meminjam perusahaan PT.Vikri Abadi Grup milik terdakwa Rosmen.

Pada saat pencairan uang muka dan termin tahap pertama, Andi meminta kepada Marial Hendri uang sebesear 2,3 M yang disetorkan secara 2 tahap, yaitu 1,5 M dan 800 juta rupiah.

Humizar mengatakan, Vonis terhadap kliennya dirasa berat, namun dirinya masih akan berkordinasi kepada Andi apakah akan mengajukan banding atau tidak.

Untuk uang pengganti, secara tidak langsung dibantah oleh Humizar, karena Andi merasa tidak menerima uang tersebut.

(Agus Faizar)

Most Popular

To Top