Kesehatan

79 Penderita Katarak Dioperasi Gratis di RSUD Tais

Salah seorang pasien tengah menjalani operasi mata oleh dokter spesialis mata di RSUD Tais.

CamkohaNews – Dari sebanyak 135 pasien penderita Katarak yang mengikuti program pengobatan gratis sejak Kamis (10/5) hingga Jumat (11/5), hanya 79 pasien yang dapat menjalani operasi mata oleh 6 Dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sumatera Selatan. sedangkan 56 pasien lainnya yang telah mendaftar terpaksa dipulangkan sesuai SOP, karena memiliki tekanan darah tinggi saat akan menjalani operasi.

Enam dokter spesialis mata yang tergabung dalam Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sumatera Selatan dengan diketuai Dr. dr. Ramzi Amin, Sp. M (K) ini tengah menggelar bakti sosial di RSUD Tais.

Direktur RSUD Tais dr. Wiwin Herwini, menegaskan terselenggaranya kegiatan ini, tidak terlepas dari program Pemkab Seluma melalui Dinas Kesehatan Seluma, untuk mewujudkan Kabupaten Seluma yang bebas Katarak, sehingga melalui kegiatan ini pihaknya hanya membantu memfasilitasi persediaan tempat di ruang OKA yang telah dapat tersedia.

“Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, meskipun dari 135 penderita Katarak belum seluruhnya dapat dioperasi, karena memiliki tekanan darah tinggi”, terang dr. Wiwin Herwini.

Sementara itu, Yati (70) salah seorang penderita Katarak mengaku merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, setelah belasan tahun kedua matanya tidak berfungsi normal untuk melihat.

“syukur alhamdulillah, mudah-mudahan mata saya yang satunya bisa kembali melihat dengan jelas”, ucap Yati.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top