Politik

7 Dari 238 Pelamar Panwascam Sudah Pasti Gugur

Suasana tes tertulis calon Panwascam Seluma yang digelar pada Sabtu (4/11) pagi di SMAN 1 Seluma.

CamkohaNews – Sebanyak 238 pelamar, Sabtu (4/11) pagi mengikuti tes tertulis seleksi calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam)  yang dipusatkan di SMAN 1 Seluma.

Ujian sendiri digelar di 8 ruang kelas SMA Negeri 1 Seluma, dengan peserta ujian berasal dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.

Ketua Panwaslu Kabupaten Seluma, Yefrizal, mengatakan ada 245 lebih pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi.

Namun saat ujian tertulis digelar tercatat ada 7 peserta yang tidak hadir dan sudah dipastikan tidak lulus.

“Kami tidak akan mengistimewakan siapapun. Kalau calon layak lulus ya lulus, sehingga kualitas yang dihasilkan terjamin,” ujar Yefrizal, Ketua Panwaslu Kabupaten Seluma

Yefrizal mengatakan hasil tes tertulis akan memilih enam besar masing-masing kecamatan. Mereka kemudian menjalani fit and proper test untuk dipilih tiga besar per kecamatan pada tanggal 7 – 10 November mendatang.

“Kami akan koreksi langsung setelah tes usai, untuk dibawa seluruh lembar jawaban ke provinsi, sedangkan soal akan Kami musnahkan dengan dibakar. Pengumuman akan kita umumkan pada Senin 6 November mendatang,” pungkas Yefrizal.

Yefrizal menjelaskan tiga peserta per kecamatan yang lolos tes, akan dilantik menjadi anggota panwascam. Ketiga calon juga wajib melampirkan surat keterangan bebas Narkoba.

Soal-soal ujian tes tertulis langsung dimusnahkan begitu pelaksanaan ujian selesai.

Lebih lanjut menurutnya tugas panwascam kali ini sangat berat, sebab selain membantu kelancaran pemilihan legislatif (Pilleg), juga pada pemilihan presiden (Pilpres) yang waktunya hampir bersamaan.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Panwaslu Kabupaten Seluma Iwan Setiawan, berharap masyarakat bisa memberi masukan kepada Pokja pembentukan Panwascam terkait kapasitas dan kapabilitas masing-masing calon. Masyarakat bisa menyampaikan masukan itu melalui formulir khusus yang disiapkan panitia.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top