Kota Bengkulu

50 Tour Guide Jalani Uji Kompetensi

CamkohaNews – Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Selasa (27/3) menggelar uji kompetensi pramuwisata Indonesia.

Diikuti 50 Pramuwisata di Bengkulu, uji kompetensi dilakukan oleh lembaga sertifikasi pariwisata Lampung dan berlangsung selama satu hari di Grage Hotel Bengkulu.

Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bengkulu Almidianto menjelaskan uji kompetensi dilakukan untuk mempersiapkan SDM di bidang pariwisata agar memenuhi standarisasi.

“Jadi hari ini kita uji kompetensi pemandu wisata untuk melihat kesiapan mereka dalam menghadapi MEA yang saat ini sudah berjalan,” ujar Almidianto.

Uji Kompetensi Pramuwisata atau Tour Guide adalah ujian untuk mengetahui sejauh mana seseorang telah memenuhi standard minimal yang diperlukan sehingga bisa dikatakan mampu memandu wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Adapun materi uji Kompetensi tour guide meliputi bagaimana bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, memberikan bantuan pada kedatangan dan keberangkatan, menyiapkan dan menyajikan informasi pada tour, mengembangkan dan memelihara pengetahuan umum yang dibutuhkan oleh pramuwisata, mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kulit, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Uji kompetensi yang merupakan proyek Nasional Kementerian kebudayaan dan Pariwisata ini tidak dikenakan biaya, alias Gratis yang apabila mengajukan sertifikasi mandiri diperlukan biaya hingga RP 4 Juta.

Untuk diketahui, ada dua bentuk pendapatan yang diperoleh seorang pramuwisata, selain gaji bulanan dari biro perjalanan atau instansi tempatnya bekerja dengan besaran RP 250.000 untuk City tour per hari dan RP 500.000 untuk keluar kota per hari.

Pendapatan lainnya yang diperoleh Pramuwisata secara freelance dari salery menerima tamu.

Septi Fitriani

Most Popular

To Top