Berita Utama

5 Kecamatan Terendam, 2 Jembatan di Lebong Putus

Warga terpaksa mengungsi karena genangan banjir di sejumlah titik mencapai lebih dari satu meter.

CamkohaNews – Kabupaten Lebong Kamis (23/11) pagi dilanda hujan ekstrim. Kondisi cuaca ini mengakibatkan ribuan rumah di lima kecamatan tergenang air.

Kelima kecamatan tersebut, kecamatan Lebong Sakti, Lebong Tengah, Amen, Uram Jaya dan Lebong Utara.

Pantauan BPBD, ketinggian air di pemukiman warga lebih dari satu meter. Sementara untuk yang berada di tepi sungai, ketinggian air mencapai 2 meter.

Sekretaris Pemkab Lebong, Mirwan Effendi mengatakan, meski tidak ada korban jiwa, banjir mengakibatkan kerugian ternak, ikan dan tanaman kebun warga yang berada di pinggir sungai.

Banjir juga menyebabkan akses dua desa yakni desa Ujung Tanjung dan Bentangur terputus, karena jembatan yang ada di kedua desa ambruk.

Posko juga telah disediakan untuk evakuasi warga. Menjelang siang, kondisi air mulai surut, warga mulai membersihkan rumah dari genangan air.

“Kalau di pemukiman ada yang sampai satu meter lebih, kalau yang di badan sungai mungkin dua meter setengah atau ada juga yang di atas.”

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis, hujan ekstrim juga terjadi di Renah Jaya Girimulyo dan Sawitindo Bengkulu Utara. Kemudian di Selagan Raya, Pasar Bantal Kabupaten Mukomuko.

(Tim Liputan RBTV)

 

Berita Terkini

To Top