Seluma

24 Desa di Seluma Rawan Tsunami

CamkohaNews – Pemerintah Kabupaten Seluma, Senin (22/1) pagi kedatangan tamu utusan dari Negeri Sakura Jepang. Kedua utusan Negara Jepang ini yakni bernama Mr. Yositheru Tsuji selaku Direktur Japanese Red Cross Society (JRCS) dan Mr. Yuki Aoki Officer JRCS yang didampingi Awaludin dan Arief PMI Pusat Jakarta.

Sehari setelah konsolidasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Seluma, rombongan JRCS dan PMI pusat berkoordinasi dengan Wakil Bupati Seluma Suparto dan beberapa Kepala OPD yang berkaitan seperti Kepala BPBD Seluma, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan.

Kepala BPBD Seluma Azwardi, menegaskan di wilayah Kabupaten Seluma terdapat 24 Desa yang berpotensi rawan terkena dampak tsunami, sebagian besar merupakan desa diwilayah pesisir pantai.

Dengan adanya utusan JRCS dari Jepang ini, diharapkan sinergitas kerjasama dalam penanggulangan bencana tetap terjalin.

“Di Kabupaten Seluma ini tercatat ada 24 Desa yang berpotensi rawan terkena dampak tsunami, rata-rata berada di pesisir pantai. Hanya saja kondisi jalur evakuasi warga dari ancaman bencana tsunami saat ini, masih dinilai memprihatinkan karena dilihat kecepatan tsunami mencapai 120 km/jam, belum optimal untuk mengevakuasi korban gempa ke pusat berkumpul,” terang Azwardi.

Sementara itu, PMI Pusat kedepan berencana menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder dari Pemkab Seluma, perlunya diadakan simulasi tanggap bencana tsunami secara bergiliran di setiap desa pesisir.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top