Politik

10 Calon Anggota PPK Langsung Dinyatakan Gugur

KPU Saat menggelar tes tertulis terhadap pelamar calon Panwascam pada Selasa (24/10) pagi.

CamkohaNews – Sesuai jadwal, KPU Kota Bengkulu Selasa (24/10) pagi menggelar tes tertulis calon anggota PPK.

Berdasarkan hasil pemeriksaan administrasi, beberapa waktu lalu KPU telah mengumumkan 204 nama yang lulus dan wajib mengikuti tes tertulis.

Sayangnya hingga tes dimulai masih ada 10 calon anggota PPK yang tidak hadir. Karena tidak mengikuti jalannya tes, komisioner KPU Kota Bengkulu, Sri Hartati  menyatakan 10 calon anggota PPK tersebut secara otomatis dipastikan gugur.

“Ada 10 orang yang tidak hadir, kita tidak tahu alasannya yang pasti secara otomatis dapat dipastikan yang bersangkutan gugur,” ujar Sri Hartati.

Sementara untuk 194 peserta yang hadir, KPU membagi seluruhnya dalam 5 ruang kelas LPMP. Seluruh peserta diberi waktu selama 90 menit untuk menjawab 50 soal pilihan ganda yang disiapkan.

“Kita kasih waktu 90 menit mereka harus menjawab 50 soal seputar pilkada, baik undang-undang, PKPU dan aturan lain yang berkaitan tentang pemilihan,” Sri Hartati melanjutkan.

Setelah menggelar tes tertulis, jawaban dari peserta akan diperiksa tim KPU Kota Bengkulu. Selanjutnya KPU hanya akan mengumumkan paling banyak 10 calon yang dinyatakan lulus disetiap kecamatan 27 dan 28 Oktober mendatang.

Calon anggota PPK yang dinyatakan lolos tes tertulis akan diwajibkan mengikuti seleksi tahap akhir yaitu wawancara. Sembari tes wawancara dilaksanakan KPU juga akan membuka waktu untuk tanggapan publik terhadap calon anggota PPK yang akan dipilih.

(Raffly Agung Okiarlis)

Berita Terkini

To Top